Pendekatan pembelajaran adalah kemampuan,kemahiran dan keterampilan seorang guru atau pendidik untuk mengorganisasikan peserta didik (siswa) agar belajar.seorang guru harus tahu bagaimana cara belajar siswa baik dengan cara individu atau kelompok.
Pengorganisasian siswa (pengelompokan atau pengarahan belajar siswa)
-pembelajaran secara individu
-pembelajaran secara berkelompok
-pembelajaran secara klasikal
Peran guru dalam perencanaan kegiatan penbelajaran
-merencanakan kegiatan belajar PD
-membicarakan pelaksanaan belajar
-penasehat atau pembimbing
-membantu PD nenilai kemajuan diri
Tujuan pembelajaran secara individu salah satunya untuk PD sltp ke atas yaitu memberikan kesempatan dan keleluasaan siswa untuk belajar nerdasarkan kemampuan sendiri dan PD bisa kerja mandiri dan bekerja sama dengan baik.pembelajaran secara berkelompok untuk memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk mengenbangkan kemampuan memecahkan masalah secara rasional,dan secara klasikal untuk pengelolaan krlas dan pengelolaan pembelajaran.
Kemampuan yang akan di capai dalam proses pembelajaran adalah
-Kognitif domain (intelektual)
-Affektif domain (sikap)
-Psykomotor (skill)
Menurut saya syarat pendidik adalah seorang pendidik pernah bertindak sebagai PD maksud saya seorang guru harus mengetahui karakter-karakter siswanya karena ia sudah pernah merasakan bagaimana menjadi seorang siswa dalam belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar