ada tiga komponen dalam pengelolaan kelas :
-Preventif
-refresif
-Modifikasi tingkah laku
Refresif adalah kemampuan pendidik untuk mengatasi mencari dan menemukan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah yang terjadi dalam lingkungan pembelajaran.
Preventif adalah upaya sedini mungkin yang di lakukan oleh pendidik untuk mencegah terjadinya gangguan dalam pembelajaran.
Modifikasi tingkah laku adalah tingkah laku yang dapat diamati.
Peran pendidik ialah untuk mendorong peserta didik mengembangkan tanggung jawab individu terhadap lingkungannya.
Hal-hal yang harus di hindari :
-campur tangan yang berlebihan
-kesenyapan
-ketidaktepatan
-penyimpangan
-bertele-tele
Penggunaan di dalam kelas :
Siswa :Mendorong siswa mengembangkan tanggung jawab individu terhadap tingkah lakunya serta sadar akan mengendalikan dirinya.
Guru : Mengembangkan pengertian dan keterampilan dalam memelihara kelancaran penyajian dan langkah-langkah pelajaran secara tepat dan baik.
Prinsip penggunaan
-kehangatan dan keantusiasan
-tantangan
-bervariasi
-keluwesan
-penekanan pada hal-hal positif
-penanaman disiplin diri
Keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal
-menunjukkan sikap tangkap
-membagi perhatian
-memusatkan perhatian
-memberikan petunjuk yang jelas
-menegur
-memberi penguatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar